Selamat Datang di Kaji Kisah
Saturday, August 22, 2015

Botol Tertua di Dunia Ditemukan, Inilah Isi Pesan di Dalamnya

REUTERS/Phil Noble oleh Tempo.co

Inilah peristiwa Botol Tertua di Dunia Ditemukan, dan Inilah Isi Pesan di Dalamnya. Seperti diketahui baru-baru ini seorang pegawai pos di Jerman, berhasil menemukan sebuah pesan tertulis pada kertas yang disimpan di dalam botol. Pesan dalam botol tersebut diklaim sebagai yang tertua dalam jenisnya yang pernah ditemukan. Seperti apa isi pesan dari kertas yang terdapat dalam botol tersebut? Silakan simak peristiwanya berikut.

Kaji Kisah

Seperti yang dilansir Metro.co.uk pada 21 Agustus 2015, pesan dalam botol ditemukan oleh Marianne Winkler, seorang pensiunan pegawai kantor pos Jerman, saat sedang berlibur bersama suaminya di Pulau Laut Utara Amrum, lepas pantai utara Jerman.

Saat ditemukan tampak terlihat tulisan pada surat yang dapat dilihat dari luar botol untuk memecahkannya. Setelah dipecahkan, terdapat tulisan dalam dengan Bahasa Inggris, Jerman, dan Belanda, yang isinya meminta si penemu untuk mengirim pesan itu kepada Marine Biological Association di Plymouth, Inggris.

"Selalu menyenangkan bisa menemukan sebuah pesan botol di pantai," kata Marianne.

Berdasarkan perintah dari surat tersebut, lantas Marianne mengantarnya ke Marine Biological Association dan sebagai imbalannya, dia mendapatkan hadiah sejumlah uang tunai.

Botol tersebut diyakini telah dijatuhkan ke dasar laut lebih dari satu abad silam sekitar awal abad 20-an tepatnya antara 1904 dan 1906.

Para ahli yang melakukan penelitian terhadap pesan dalam botol tersebut mempercayai bahwa botol tersebut adalah satu dari 1.020 botol yang dilepaskan oleh ilmuwan George Parker Bidder.

Pesan tersebut dilepaskan Bidder sekitar tahun 1904 and 1906 untuk mempelajari arus laut Jerman serta ingin membuktikan bahwa arus laut Jerman mengalir dari timur ke barat.

Penemuan tersebut akan memecahkan rekor dunia untuk pesan tertua dalam botol sebelumnya yang berusia 99 tahun dan 43 hari, ditemukan di Kepulauan Shetland Juli 2013.   

Sumber Peristiwa : Tempo.co (23/8/2015)

0 comments:

Post a Comment

Mohon ikut bantu meng-Share Kisah - Kisah ini untuk Memberi Manfaat kepada yang Lain. Terima kasih

Copyright © 2012 Kaji Kisah All Right Reserved
Designed by Odd Themes
Back To Top