Selamat Datang di Kaji Kisah
Friday, September 25, 2015

Inilah Kisah Pasutri yang Diselamatkan Orang Turki dari Tragedi Mina

Muhammad Juhdi Ibrahim bersama isterinya (Sumber: Tribunnews)

Inilah kisah pasangan suami istri asal Kalimantan Barat yang diselamatkan oleh orang Turki dari tragedi Mina beberapa hari lalu. Dialah Muhammad Juhdi Ibrahim bersama isterinya nyaris menjadi korban dalam insiden Mina yang merenggut nyawa ratusan jemaah haji. Silakan simak kisahnya berikut.

(Baca juga: INILAH CERITA MENYEDIHKAN ISTRI NERO KE ANAK SOAL DESAK-DESAKAN MAUT DI MINA)

Kaji Kisah

Muhammad Juhdi Ibrahim pria berusia 60 tahun tersebut bersama rombongannya berangkat dari tenda Mina di Maktab 1 yang berada di wilayah Minajadid sekitar pukul 07.00 Waktu Arab Saudi.

Saat itu Juhdi menuju Jamarat bersama orangtua, istri dan adiknya. Setelah dua jam perjalanan dari Maktabnya, ia dan keluarganya tiba di jalan 204 atau Jalan Arab, gejala desak-desakan mulai dirasakannya.

"Dari situ sudah mulai ada gejala, saat jalan agak menikung mulai kelihatan. Jaraknya sekitar 750 meter sudah gejala, dari pintu kecil orang negro mondong-dorong dengan kasar bahkan sampai cekcok," ungkap Juhdi berbincang dengan wartawan di 2 Daker Mekkah, Jumat (25/9/2015).

Melihat keadaan yang kurang nyaman tersebut, Juhdi pun kemudian mencoba melindungi ibu dengan adiknya. Tetapi sial dirinya malah terjepit orang-orang yang tinggi besar.

"Saya memang merasa paling kuat walau pun saya udah pernah struk dan penyakit jantung," katanya.

Dirinya merasa tidak kuat lagi, ia hampir pingsan karena teriknya matahari dan berjubelnya orang di tempat tersebut. Entah bagaimana sepuluh menit sebelum peristiwa jemaah terinjak-injak dirinya bisa merangkul tangan sang istri bernama Sri Haryati yang yang sebelumnya berpisah dengan dirinya.

"Saya merasa sudah tidak kuat karena memang saya pernah struk dan punya penyakit jantung, dari pada saya pingsan saya tarik tangan istri saya," ucapnya.

Ia dan istrinya pun ke pinggir jalan, suami isteri tersebut pun diselamatkan orang Turki yang tinggi besar. Saat keadaan sudah tidak terkendali orang Turki tersebut mengangkatkan kakinya sekaligus melindungi Juhdi dan Sri.

"Walau pun saya tidak tahu bahasanya, tapi mungkin dia katakan maju, maju," ungkapnya.
Tetapi kondisi semakin kacau, banyak orang yang sudah tidak lagi melihat orang disekelilingnya dan berusaha menyelamatkan diri. Juhdi dan istrinya pun semakin terjepit orang-orang berkulit hitam dan menyeretnya ke pinggir jalan.

Lantas pria yang tergabung dalam kloter 14 Embarkasi Batam tersebut pun ditolong orang Turki, ia diberi minum dan es dan diamankan.

Saat itu ia melihat banyak mayat di hadapannya. Kebanyakan korban didominasi orang-orang kulit hitam. Di tengah kondisi yang semakin mebahayakan Juhdi pun mendapat pertolongan dari orang Arab dan dibawa ke srbuah gedung yang sangat nyaman.

"Di situ saya di beri makan dan minuman mewah dari Orang Arab," katanya.

Setelah itu ia pun bersama isterinya sekitar pukul 16.00 WAS diantar ke klinik dan mendapat perawatan selama satu malam.

Pria asal Sambas, Kalimantan Barat tersebut pun kemudian dikembalikan ke kantor misi Haji Indonesia. Ia mendengar bila ada orang satu rombongannya yang meninggal dalan kejadian tersebut. Tetapi ia tidak mengetahui secara pasti siapa jemaah yang tewas dalam peristiwa tersebut.

Memang ada jemaah atas nama Busyaiyah Sahrel Abdul Gafar dari Kloter BTH 14 yang menjadi korban dalam insiden Mina tersebut.

"Saya sudah diberi tahu ada teman satu hotel dengan saya meninggal dunia. Kini adik dan mama saya pun sudah di hotel," katanya.   

Sumber Kisah : 

  • http://www.tribunnews.com/nasional/2015/09/25/cerita-pasutri-asal-kalbar-yang-diselamatkan-orang-turki-dari-tragedi-mina?page=1

0 comments:

Post a Comment

Mohon ikut bantu meng-Share Kisah - Kisah ini untuk Memberi Manfaat kepada yang Lain. Terima kasih

Copyright © 2012 Kaji Kisah All Right Reserved
Designed by Odd Themes
Back To Top